Sabtu, 08 Juli 2017

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan,- Jambu biji merah memiliki nama latin Psidium guajava yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti di negara Indonesia. Jambu biji merupakan buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Selatan. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam jambu biji merah sangat baik untuk tubuh. Jambu biji merah mengandung asam folat, antioksidan, serat, vitamin, C, dan lainnya. Bahkan menurut penelitian kandungan vitamin C dalam buah jambu 4 kali lebih tinggi dari pada yang ada dalam jeruk.

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Setelah mengetahui kandungan yang terdapat dalam buah jambu biji merah, kini saatnya untuk mengetahui apa saja manfaat dalam buah jambu biji merah.


Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan


Berikut adalah manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengobati Diare, Disentri, dan Gastroenteritis

Jambu biji banyak mengandung astringent, senyawa yang dapat meredakan gejala diare, disentri, dan gastroenteritis (radang usus dan lambung). Sifat astringent yang basa serta memiliki manfaat disinfektan dan anti bakteri mampu menghambat perkembangan mikroba dan menghilangkan kelebihan lendir dari usus.

Nutrisi lain dalam jambu biji seperti karotenoid, vitamin C, dan potasium berfungsi membantu memperkuat sistem pencernaan. Sementara seratnya dapat melindungi usus besar dari paparan racun berbahaya penyebab kanker.

2. Mencegah Kanker

Jambu biji merah dikenal sebagai buah yang rendah kalori serta lemak. Akan tetapi jambu biji merah kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang penting di dalamnya. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan poli-fenolik serta flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Menjaga Fungsi Otak dan Saraf

Jambu biji merah mengandung vitamin B3 dan B6 yang berfungsi untuk merangsang otak. Vitamin B6 yang juga dikenal sebagai pyridoxine juga mampu meningkatkan aliran darah serta memberi nutrisi penting bagi otak dan fungsi saraf.

4. Menangkal Radikal Bebas

Buah ini banyak mengandung vitamin C. Jadi tidak heran jika jambu biji merah memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh.

5. Mengatur Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Kandungan senyawa elektrolit yang bernama kalium di dalam buah jambu biji merah juga sangat baik bagi tubuh. Kalium mampu membantu mengendalikan tekanan darah tinggi akibat dari adanya reaksi natrium. Serat dan potasium dalam jambu biji merah juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan dapat menurunkan trigliserida. Potasium diperlukan untuk menjaga detak jantung dan tekanan darah. Sedangkan serat menghalangi penyerapan kolesterol LDL oleh usus.

6. Mengobati Demam Berdarah

Gejala demam berdarah ditandai dengan menurunnya kesehatan trombosit (sel darah merah). Manfaat jambu biji merah dalam mengobati demam berdarah dibuktikan dengan banyak kandungan zat besi. Zat besi ini akan membantu pembentukan sel darah baru, sehingga sel-sel yang rusak akan diganti dengan sel baru.

7. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata cukup banyak terdapat di jambu biji. Vitamin ini bermanfaat untuk mencegah munculnya katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata umum lainnya. Tidak hanya mencegah turunnya kemampuan penglihatan, namun juga meningkatkannya kembali.

8. Menjaga Fungsi Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan sebuah kelenjar yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Apabila fungsi kelenjar ini tidak berfungsi dengan baik, maka dapat membuat tubuh menjadi terganggu. Untuk membantu masalah ini, Anda dapat mengkonsumsi buah jambu biji merah. Karena kandungan tembaga dalam buah jambu biji merah telah terbukti efektif dapat menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

9. Membantu Menyerap Nutrisi

Kandungan mangan dalam jambu biji merah sangat penting bagi tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi. Mangan memiliki fungsi sebagai pembantu dalam penyerapan nutrisi saat makanan berada di dalam usus. Kesehatan tubuh juga akan bergantung pada seberapa maksimalnya nutrisi yang diserap oleh tubuh.

10. Merelaksasi Tubuh

Buah jambu biji merah mengandung magnesium  yang mampu memberikan efek rileks pada tubuh. Magnesium mampu mengendorkan otot dan saraf yang tegang karena kurang istirahat dan stres, serta kandungan vitamin B6-nya yang berfungsi sebagai perileks saraf.

11. Baik untuk Ibu Hamil

Jambu biji merah kaya akan vitamin C dan berbagai mineral seperti zat besi, potasium, sodium, rendah lemak, tinggi serat, tembaga, seng, dan mangan yang berfungsi memproteksi ibu dan janin. Memasukkan jambu biji merah kedalam menu sehari-hari dapat menjauhkan potensi anemia kehamilan, kecacatan janin, premature, dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kecantikan


Selain untuk kesehatan jambu biji merah juga memiliki manfaat untuk kecantikan, antara lain:

1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam buah jambu biji merah sangat baik bagi kesehatan kulit. Dengan kandungan tersebut mampu menghalau datangnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, dan lainnya, Selain itu, radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam kulit juga akan hilang dengan optimal.

2. Melindungi Kulit dari UV

Buah jambu biji merah mengandung zat likopen yang 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat. Likopen merupakan antioksidan alami yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari pada siang hari sehingga kulit akan terlindungi dan lebih sehat.

3. Merawat Kulit Wajah

Untuk meningkatkan kebaikan kulit wajah, Anda dapat membuat scrub jambu sederhana di rumah. Untuk keperluan ini, ambil daging beberapa jambu biji kemudian di blender dan dicampur dengan putih telur. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata selama 20 menit, jika sudah 20 menit bilas dengan air hangat. Jika digunakan sekali atau dua kali seminggu, scrub alami ini akan menghilangkan sel-sel mati dan meringankan kulit Anda.

4. Sebagai Toner Kulit  Alami

Konsentrasi nutrisi seperti vitamin dan mineral yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit kendur dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Dengan demikian membantu menjaga kulit kita agar tetap kencang, segar dan bebas kerut. Kualitas astringent jambu juga akan menjaga kulit kita terbebas dari flek, jerawat, dan keriput . Mencuci wajah dengan rebusan buah jambu biji yang mentah beserta daunnya bisa mempercantik kulit wajah Anda.

5. Mengatasi Masalah Kulit

Satu buah jambu menyediakan dua kali lebih banyak vitamin C dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin ini juga berkontribusi untuk meregenerasi kolagen (substansi yang memberikan ketegasan pada kulit), sehingga sangat baik untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit. Selain itu, buah ini juga menyediakan sekitar 1,4 mikrogram vitamin K, yang bermanfaat untuk meningkatkan pembekuan darah. Penurunan ini bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan iritasi. Manfaat pengobatan lain termasuk membantu menghilangkan lingkar hitam, Rosaceae, iritasi jerawat dan bintik hitam.

6. Memperindah Rambut

Jambu biji merah juga baik untuk kesehatan rambut karena mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan Vitamin B kompleks. Kandungan senyawa lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah seperti mangan, magnesium, kalium, serat, flavonoid dan lainnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Jambu biji merah dapat mengatasi masalah rambut rambut rontok, ketombe, rambut bercabang dan lainnya.

Itulah manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba..

Baca juga:


Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar