Sabtu, 12 Agustus 2017

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan,- Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) populer dengan rasanya yang asam, namun memberikan efek segar pada tubuh. Belimbing wuluh merupakan jenis dari buah belimbing yang warnanya lebih hijau dan ukurannya pun lebih kecil dari belimbing biasa. Buah yang satu ini lebih sering dikonsumsi sebagai asinan dan juga bahan buah untuk rujak yang dicampur dengan buah asam lainnya. Tidak hanya itu, buah ini ternyata bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Walaupun rasanya kurang pas untuk dikonsumsi langsung, namun buah belimbing wuluh ternyata memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Buah ini mengandung vitamin C, glukosid, tannin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulphur, kalium, dan juga sitrat. Belimbing wuluh merupakan tanaman berkhasiat komplek untuk kesehatan disetiap bagian tanamannya karena bagian lain seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya bisa dijadikan sebagai bahan ramuan obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan


1. Mencegah Diabetes

Diabetes atau penyakit gula memang menjadi salah satu penyakit yang cukup menakutkan bagi setiap masyarakat, utamanya adalah mereka dengan berat badan berlebih dan memiliki garis keturunan terkena diabetes. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata dengan konsumsi belimbing wuluh secara teratur dapat membebaskan Anda dari penyakit mematikan yang satu ini. Berdasarkan sebuah penelitian kandungan yang ada di dalamnya dapat secara otomatis mengontrol produksi insulin dan juga menjaga gula darah agar tetap stabil.

2. Sebagai Obat Batuk

Buah ini bisa menjadi obat yang ampuh untuk meredakan batuk. Rasa asamnya akan menetralisir tenggorokan Anda sehingga lebih lega dan segar.

3. Mengobati Sakit Gigi

Buah ini mengandung senyawa yang baik untuk gigi, yaitu kalsium. Selain meredakan nyeri, buah ini juga mampu menyehatkan gigi Anda. Gigi yang sehat tentunya akan membantu Anda untul lebih optimal dalam mengunyah makanan.

4. Mencegah hipertensi

Khasiat belimbing wuluh selanjutnya yaitu sebagai buah yang berguna untuk mencegah hipertensi. Kandungan buah ini tidak akan membuat tekanan darah Anda menjadi tinggi, sehingga penyakit hipertensi dapat dicegah lebih dini.

5. Obat sariawan

Manfaat belimbing wuluh dengan kandungan vitamin C nya yaitu sebagai obat sariawan. Sariawan merupakan infeksi pada rongga mulut yang cukup mengganggu. Dengan vitamin C pada buah ini akan meredakan sariawan Anda.

6. Mengatasi rematik

Penyakit rematik pun dapat dicegah dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh. Jika Anda tidak menyukai rasa asamnya untuk dijadikan obat rematik, Anda bisa sedikit mengolahnya dengan dicampur dengan buah sehat lainnya.

7. Sebagai Anti oksidan

Belimbing wuluh juga dapat menjadi anti oksidan yang alami untuk menangkal radikal bebas. Efek radikal bebas yang terlalu lama cukup membahayakan tubuh dengan beberapa penyakit yang ditimbulkannya, termasuk penyakit kanker.

8. Mengatasi Jerawat

Belimbing wuluh juga sangat baik untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel, zat asam yang terdapat pada belimbing mungkin akan memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Namun kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan dan mensamarkan jerawat yang ada di wajah.

9. Mengatasi Panu

Manfaat belimbing wuluh sebagai obat luar yaitu bisa digunakan untuk obat panu. Oleskan buah ini ke bagian kulit Anda yang terkena panu dengan rutin setiap hari. Perlahan, panu di kulit Anda akan sembuh dan menghilang. Selain dioleskan, Anda juga bisa menambah nutrisi tubuh untuk menyehatkan kulit Anda dari dalam dengan mengonsumsi buah ini.

10. Sebagai Obat Gondok

Penyakit ini bisa terjadi karena pembengkakan kelenjar tiroid akibat kekurangan iodin dalam tubuh. Jika Anda sedang terserang penyakit gondok, maka Anda bisa mengobatinya dengan memakan buah ini. Khasiat belimbing wuluh untuk penyakit gondongan sangatlah bermanfaat, terutama untuk meredakan peradangannya.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat belimbing wuluh yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai sumber makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kuat perlu daya tahan tubuh yang kuat pula agar kuat dalam menyerang berbagai serangan penyakit.

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah:

12. Anti penuaan dini
13. Melembabkan kulit
14. Menyehatkan kulit
15. Mengatasi pegal linu
16. Mengatasi gusi berdarah

Demikianlah manfaat buah belimbing wuluh untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui dan patut Anda coba untuk mengatasi masalah kesehatan. Semoga bermanfaat..

Simak juga artikel lainnya:


 Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar